Senin, 06 Mei 2013

Google Translate versi Offline kini tersedia untuk Android

L-NEWS,....................

Bagi pengguna Handphone, tablet PC atau smartphone lain yang berbasis Android, ada informasi yang menggembirakan. Sejak beberapa hari kemarin, Google mengupdate aplikasi terjemah bahasa-nya Google Translate sehingga bisa bekerja secara offline (tanpa koneksi internet), tentu dengan dukungan sampai 50 bahasa termasuk Indonesia.


Google Translate mungkin merupakan aplikasi terjemah bahasa yang paling baik dan lengkap saat ini, tetapi sampai saat ini fiturnya bisa dimanfaatkan hanya jika ada koneksi internet, alias harus online agar bisa menterjemahkan bahasa. Hal ini ternyata berubah, untuk pengguna Android Google Translate kini bisa digunakan offline (luring – luar jaringan) dengan mengunduh (download) bahasa yang kita inginkan terlebih dahulu.

Dukungan untuk offline ini muncul sejak versi 2.6 (update 27 Maret 2013), dan fitur offline ini memerlukan paling tidak Android 2.3 (tentu versi diatasnya juga didukung). Meski aplikasi ini sendiri bisa berjalan mulai Android versi 2.1, tetapi khusus fitur terjemah offline dan juga terjemah malalui kamera (camera input) hanya mulai Android 2.3.

google-translate-android

Bagi pengguna Android, silahkan langsung kunjungi link Google Translate, kemudian install. Ukuran awal installasi relatif kecil, hanya sekitar 5.7 MB. Tetapi tentu ini belum menyertakan bahasa dan file utama untuk mendukung translasi offline.

Untuk mengunduh bahasa tambahan (selain Inggris), silahkan buka Google Transalte dan dari Menu pilih Offline Languages, Selanjutnya dari sana kita bisa memilih bahasa apa yang kita inginkan. Sebelum mulai download bahasa tambahan ini, ada konfirmasi apakah download hanya akan dilakukan jika ada koneksi WiFi saja. Tentu sebaiknya opsi ini yang dipilih, karena download 1 bahasa saja, ukurannya sudah cukup besar.

google-translate-android-2

Ketika mencoba menginstall Google Translate, kemudian menambahkan bahasa Indonesia, awalnya akan di download “Core files” atau file inti yang memerlukan waktu lebih lama dari ketika download aplikasinya, kemudian setelah itu baru download data bahasa Indonesia, yang lebih lama lagi dan ternyata setelah saya periksa melalui windows, ukuran data ini sekitar 155 MB. Jadi lumayan besar, sehingga memang sebaiknya download dilakukan dengan koneksi WiFi plus koneksi internet yang cukup.

Setelah selesai, google translate bisa kita gunakan untuk menerjemahkan bahasa secara offline. Dan seperti yang sudah dinyatakan oleh Google sendiri, hasil terjemahan versi offline ini tidak seluas, selengkap atau sebagus ketika menggunakan versi online, tetapi cocok ketika digunakan untuk menerjemahkan bahasa yang relatif ringan. Meskipun begitu, dengan adanya dukungan offline ini tentu akan semakin bermanfaat, mengingat akurasinya sepertinya masih lebih baik daripada aplikasi terjemah lainnya.

Link selengkapnya : Google Translate di Google Play

0 komentar:

Poskan Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More