Kamis, 03 Oktober 2013

Jelang Idul Adha, Harga Sembako di Pessel Mulai Naik

L-News.........

Walaupun Hari Raya Idhul Adha masih beberapa hari lagi, namun beberapa harga kebutuhan pokok seperti gula pasir, telur dan cabe merah mulai mengalami kenaikan. Kenaikan berkisar antara Rp 2.000 sampai Rp 10.000,- dari harga normal.

Harga cabe merah yang biasanya bisa diperoleh Rp24.000 hingga 30.000 per kilogram, saat ini sudah tidak bisa dibeli dengan harga tersebut. Karena, harganya telah mengalami kenaikan menjadi Rp 38.000 per kg. Begitu juga dengan gula pasir dan telur.

Salah seorang pedagang cabe yang ditemui di pasar tradisional Koto XI Tarusan Nurneli mengungkapkan stok cabe mulai mengalami kekurangan. Karena itu, harga cabe sedikit melonjak dari harga bisanya. Saat ini, kita susah untuk mendapatkan cabe merah karena stok yang didapat sedikit. Biasanya tiap menjelang masuknya hari raya, kondisi seperti ini kerap terjadi. Apalagi, cuaca kurang bagus saat ini bisa saja berimbas pada tanaman cabe para petani, jelasnya.

Usni salah seorang ibu rumah tangga di Nanggalo mengungkapkan kenaikan harga cabe berimbas pada perekonomian keluarganya. Ia mengaku biasanya selalu menyediakan sedikitnya satu kilogram cabe merah untuk kebutuhan dapur dengan jangka waktu dua hari. Namun, karena harga cabe saat ini naik, ia menyiasatinya dengan cara membeli sekedar keperluan saja.

Saat ini saya hanya membeli sekedar kebutuhan untuk hari ini saja. Karena, untuk membeli satu kilo uangnya sudah tidak cukup. Apalagi biasanya harga tersebut akan terus naik menjelang hari raya datang, jelasnya.
Dari Pantauan di beberapa pasar tradisional di Pasar Pasar Baru ,dan Painan juga ditemukan tidak banyaknya tersedia stok cabe yang banyak, dan beberapa jenis sayuran lainnya juga mengalami peningkatan, kendati tidak terlalu besar terjadi peningkatannya seperti bawang merah yang biasanya harganya sekitar Rp 4 ribu sekarang naik menjadi Rp 6 ribu.

0 komentar:

Poskan Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More