Kamis, 02 Januari 2014

Tips Melindungi Smartphone Android dari Malware

L-News

Salam sejahtera bagi kita semua. Pada kesempatan kali ini, saya akan share sebuah tips tentang cara melindungi smartphone android dari serangan malware. Seperti yang kita ketahui, sebuah platform yang sedang populer pasti menjadi target penyerangan malware dan virus dari orang-orang yang tidak bertanggunng jawab. Begitupun dengan Android, saat pertama kali muncul mungkin tidak terlalu banyak malware yang menyerang, tapi seiring dengan perkembangan sistem operasi itu sendiri maka malware yang menyerang pun semakin banyak.
Malware bisa sangat merugikan bagi kita, mereka dapat mencuri data pribadi, hingga merusak Smartphone. Nah, untuk menghindarinya berikut ini ada beberapa tips yang bisa Sobat coba untuk melindungi Smartphone Android Sobat dari serangan malware:

  1. Pastikan aplikasi yang digunakan berasal dari developer yang sudah terpercaya
    Perlu Sobat ketahui bahwa Google Play Store adalah salah satu pintu masuk paling utama malware. Ada banyak sekali aplikasi gratis yang bertebaran disana, namun Sobat perlu berhati-hati karena beberapa dari aplikasi tersebut mungkin mengandung malware atau trojan.
     
  2. Buatlah password untuk membuka kunci Smartphone
    Banyak dari kita yang kurang suka melindungi Smartphone dengan password, mungkin karena merasa ribet, kurang nyaman, dan sebagainya. Jika Smartphone kita dipergunakan oleh orang tidak bertanggung jawab, Smartphone tersebut bisa terinfeksi oleh malware dan berbagai ancaman lainnya. Bukan hanya karena mereka bisa memasukkan virus secara manual, tapi bisa saja mereka yang "kurang faham" sehingga membuka atau mengunduh hal-hal yang mengandung virus.
     
  3. Install software penangkal malware
    Ya, cara terbaik untuk melindungi smartphone Sobat dari malware tentunya dengan menggunakan software anti malware, salah satu aplikasi yang saya sarankan adalah Lookout Mobile Security.
     
  4. Gunakan Android versi terbaru
    Versi terbaru dari sebuah software (termasuk OS) biasanya lebih baik dalam hal keamanan. Ini berlaku untuk berbagai macam platform, tidak hanya Android. Kapanpun ada update terbaru Android dirilis ke pasaran, sebaiknya segera update perangkat Sobat dengan versi terbaru tersebut. Namun perlu diingat juga bahwa tidak semua Smartphone mampu meng-handle versi terbaru Android, ini sangat tergantung dari spesifikasi yang dimiliki masing-masing Smartphone.
     
  5. Filter sumber-sumber aplikasi yang tidak terpercaya
    Pada kondisi default, pengguna Android tidak hanya mendownload aplikasi dari Google Play Store. Banyak dari aplikasi tersebut bisa didownload langsung dari websitenya. Nah, tidak semua website-website ini aman untuk Smartphone Sobat. Sebaiknya Sobat singkirkan sumber-sumber aplikasi yang mencurigakan. Caranya adalah pergi ke menu “settings” > “security dan filter pada halaman tersebut.
Nah, itu dia beberapa tips yang dapat Sobat coba untuk melindungi smartphone Sobat dari serangan malware, mudah-mudahan artikel ini bermanfaat bagi Sobat blogger semua. Terimakasih atas kunjungan dan perhatiannya, mohon maaf atas segala kekurangannya.
Wassalammualaikum wr. wb.

0 komentar:

Poskan Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More