Minggu, 07 September 2014

Panselnas.menpan.go.id : Berikut Adalah Jadwal Terbaru Pendaftaran CPNS 2014

L-News, ..

Pendaftaran CPNS 2014 yang tadinya dapat dilakukan pada tanggal 20 Agustus 2014 hingga 3 September 2014 ternyata mengalami perubahan jadwal, hal ini dikarenakan situs resmi panselnas.menpan.go.id sering mengalami down dan eror yang dikarenakan oleh membludaknya pengunjung yang mengakses situs tersebut.

Jadwal pendaftaran CPNS 2014 mengalami revisi dimana dari jadwal terbaru ini, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) menuangkan dalam surat edaran B/3223/M.PAN.RB/09/2014,

Dalam surat edaran tersebut, batas waktu pendaftaran seleksi CPNS 2014 adalah selama 14 hari terhitung sejak tanggal pengumuman pendaftaran di portal nasional dibuka.

Perwakilan panitia seleksi nasional (Panselnas) sekaligus Tim Audit IT BPPT, Zaenul Anwar Effendi menjelaskan, kebijakan ini diambil karena pembukaan pendaftaran setiap instansi tidak dilakukan secara serentak.

“Jadi tidak ada batas pendaftaran yang berlaku serentak bagi seluruh instansi. Yang jelas, setelah satu instansi membuka situs pendaftarannya, para pelamar memiliki waktu selama 14 hari untuk mendaftarkan diri di instansi tersebut,” icapnya seperti dilansir di salah satu media besar Indonesia pada hari Selasa (2/9/2014).

Jadi dengan keluarnya jadwal pendaftaran seleksi CPNS 2014 terbaru ini, setiap instansi harus mengakomodir seluruh pelamar yang telah mendaftarkan identitasnya. Diakui Zaenul, hal ini memang akan cukup merepotkan para pengurus seleksi CPNS 2014 di tiap instansi.
“Ya kalau waktu pendaftarannya panjang, ini memang agak merepotkan karena seluruh pelamar wajib diproses untuk kemudian diikutkan ke dalam seleksi administrasi. Semakin banyak pelamar, semakin banyak juga peralatan dan infrastruktur yang harus disiapkan masing-masing instansi,” ucapnya di salah satu media besar Indonesia.

Sejauh ini, Zaenul mengungkapkan telah ada 99 instansi termasuk pemerintah daerah yang sudah membuka akses pendaftarannya. Sementara jumlah pendaftar seleksi CPNS 2014 telah menembus jumlah 500 ribu pelamar.

Meskipun sudah dibuka beberapa minggu yang lalu, ternyata masih bayak juga calon peserta yang bingung untuk melakukan pendaftaran cpns online di portal panselnas.menpan.go.id. dimana alur pendaftaranya adalah sebagai berikut:

Pendaftaran CPNS 2014 ini menggunakan sistem baru dimana untuk pendaftaran calon peserta baik untuk instansi pusat maupun daerah diwajibkan registrasi secara online di portal panselnas yang beralamat di www.panselnas.menpan.go.id setelah berhasil mendaftar para peserta akan mendapatkan email balasan dari panselnas, langkah selanjutnya peserta wajib melakukan login ke situs sscn.bkn.go.id untuk melengkapi data serta untuk melakukan print tanda peserta seleksi.
Banyak kendala yang biasa dihadapai oleh para peserta, misalnya tidak menerima email balasan dari panselnas solusinya silakan mencari email konfirmasi tersebut dalam kotak spam di akun anda.
Selain itu ada lagi kasus peserta tidak bisa login di situs sscn.bkn.go.id, dan untuk solusinya peserta diwajibkan menunggu selama 24 jam terlebih dahulu sebelum login ke sscn.bkn.go.id seperti yang dipaparkan panselnas beberapa saat yang lalu.

0 komentar:

Poskan Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More