Minggu, 08 Desember 2013

Awas, Hacker Curi Data Lewat Gelombang Suara

L-News,.....

Seorang peneliti asal Jerman berhasil menemukan metode terbaru untuk meretas dan mencuri data seseorang, yakni dengan menggunakan gelombang suara. Tanpa memerlukan jaringan internet, seorang hacker dapat mencuri data dalam jumlah kecil hanya melalui gelombang suara yang tersambung antar laptop.

Ilmuwan komputer dari Fraunhofer Institute for Communication, berhasil melakukan pencurian data antar laptop tanpa menggunakan jaringan internet dalam jarak 19 meter. Peneliti hanya memanfaatkan speaker dan mikrofon yang tersemat dalam laptop tersebut sebagai alat untuk mencuri data.

Gelombang suara yang digunakan adalah gelombang suara yang tak dapat didengar oleh manusia. Peneliti menggunakan sebuah transmisi yang dapat mengubah gelombang suara tersebut menjadi sekumpulan data. Namun dengan meretas menggunakan metode ini hacker hanya mampu mencuri berbagai data dalam jumlah yang kecil, seperti kode-kode penting, pin, atau password. Rata-rata kecepatan yang digunakan metode ini hanya 20 bit per detik, namun itu sudah cukup untuk mentransfer sebuah password.

Kendati demikian peneliti mengatakan, sebagaimana dilansir dari Daily Mail, Sabtu (7/12/2013), kecepatan tersebut bakal terus meningkat seiring keberlangsungan penelitian. Pun dengan jarak 65 kaki atau 19 meter antar satu komputer dengan lainnya, jarak ini akan bisa diperpanjang seiring perkembangan teknologi.

0 komentar:

Poskan Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More