Kamis, 12 September 2013

Cara Menghapus Virus Yang Tidak Terdeteksi Oleh Antivirus

L-News,
 Bagi Anda yang komputernya suka terkena virus, mungkin panduan yang ada di bawah ini bisa berguna.

Secara teori dapat membunuh 90% virus yang beredar, hanya sebuah virus macro word excel serta virus yang telah merusak file extension EXE yang susah untuk dibersihkan dengan cara ini, walaupun dapat dicegah penularannya.

Berikut ini adalah cara membasmi Virus dengan menggunakan Command Windows :
  1. Tahap Pertama anda dapat Matikan dahulu Virus di Memori. Tekanlah Ctrl + Alt + Del untuk menampilkan Windows Task Manager kemudian ke bagian Processes, terus kemudian anda dapat meng- klik bagian User Name untuk mengurutkan sebuah file yang akan diproses di memori. Jika banyak yang telah di-loading pada sebuah memori, sebaiknya dimatikan terlebih dahulu startup yang secara otomatis ter-loading pada bagian bawah kanan. Matikanlah semua ikon tersebut dengan cara quit atau exit dari programnya. Loading virus ke dalam memori berupa EXE file. Matikan semua file EXE yang sedang loading di dalam memori kita yang telah kita urutkan berdasarkan User Name. Namun Jangan mematikan file kategori System, Local Service, dan Network Service, sebab dapat membuat sistem kita menjadi Hang atau Freeze.
  2. Tahap Kedua, Non-aktifkan Virus di Startup. Untuk menonaktifkan virus agar tidak loading ke memori, kita perlu membuangnya di startup. Dengan meggunakan MSCONFIG, klik menu Start>>Run>>msconfig –kemudian akan tampil System Configuration Utility. Pilihlah Startup,mungkin anda tidak mengerti mana loading virus atau bukan, sebaiknya pilih Disable All.
  3. Tahap Ketiga, Hapuslah File Virus dari Komputer. Carilah menggunakan fasilitas search pada Windows. Pertama klik menu Start >> Search, cari file EXE virus yang sebelumnya telah loading di memori ataupun startup. File ini disimpan oleh pembuatnya pada folder Windows ataupun System32 dari Windows. Berikunya delete atau hapus file itu.
  4. Tahap Keempat, Hapuslah Virus dengan menggunakan System Registry. Tahap ini merupakan tahap terakhir. Kita perlu menggunakan sebuah perintah REGEDIT untuk dapat mengubah dan mendelete virus di registry kita. Pilihlah Start>>Run>>regedit -kemudian menu Edit pilihlah Find . Masukkan sebuah nama file virus yang akan kita hapus kemudian pilih Find Next.Jika sudah ditemukan maka hapuslah file tersebut.
  5. Kemudian lanjutkan lagi dengan menekan di tombol “F3″ atau di dalam menu pilih Edit terus Find Next. Biasanya pada file virus ini diletakkan di beberapa tempat dalam registry. Jadi pastikan anda telah menghapus sampai bersih karena jika tidak semuanya akan sia-sia saja.

0 komentar:

Poskan Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More