Jumat, 21 Desember 2012

DPD Dorong Percepat Pemekaran Kabupaten Renah Indojati

L-NEWS, ....

Anggota Dewan Perwakilan Daerah pemilihan Sumatera Barat, Alirman Sori mengakui DPD RI memberikan dorongan kuat agar Kabupaten Renah Indojati lolos menjadi Daerah Otonomi Baru. Saat ini menurutnya antri 33 calon DOB yang sudah masuk dalam program legislasi nasional 2012-2013, beberapa diantaranya sudah dibahas dan disyahkan menjadi Undang-undang.

Namun DOB Renah Indo Jati masih dalam proses administrasi di DPR setelah proposal dan persyaratan teknisnya diserahkan pemerintah Propinsi beberapa waktu yang lalu, hal ini diungkapkan Alirman Sori, saat melakukan pertemuan dengan Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Selasa lalu, bertempat di Kantor Bupati Pessel.

Alirman Sori yang juga putra Pesisir Selatan itu mengungkapkan bahwa aspirasi masyarakat Pessel terkait pemekaran menjadi DOB terus didorong dan dipantau, sehingga diharapkan 2013 masuk dalam prolegnas.

"Komite I DPD RI mendorong agar DOB Kab Ranah Indojati masuk dalam prolegnas, dan sebelumnya akan dilakukan presentasi di hadapan Komisi II DPR RI" jelas Alirman.

Sebagai mantan Ketua DPRD Pessel, Alir merasa berhutang jika proses legislasi di parlemen tidak berjalan mulus, makanya secara moral dia terus mendesak semua pihak di parlemen baik di DPD maupun di DPR untuk memberikan prioritas bagi DOB Kabupaten Renah Indojati ini.

"sesuai dengan konstitusi DPD diberi amanat oleh undang-undang salah satunya adalah fasilitasi pemekaran dan penggabungan daerah, termasuk masalah otonomi daerah lainnya" tukuk Alir.

Alirman Sori dalam masa reses kali ini melakukan berbagai kegiatan kunjungan kedaerah pemilihan dengan agenda menyerap aspirasi masyarakat, termasuk jajaran pemerintah daerah kabupaten dan kota di Sumatera Barat.  

(pessel.go.id/*L-News Team)

0 komentar:

Poskan Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More