Sabtu, 08 Desember 2012

Petani Tebing Tinggi (Kambang) Tanam Semangka

L-NEWS, .... Pasca panen raya, para petani di Kampung Tebing Tinggi Kenagarian Kambang Barat mengolah lahannya dengan menanam semangka. Kegiatan ini dilakukan untuk sekedar masa antara mengisi menjelang masa taman berikutnya.

Djamaludin tahun Petani penggarap berharap tanaman semangkanya dapat tumbuh subur dan berbuah lebat, karena beberapa waktu lalu. tanamannya layu karena diterpa banjir.

"Tanaman saya banyak yang mati dan semangka memang jenis tanaman yang mudah layu lalu mati, saya rugi besar"keluh Djamal.

Namun, dia gembira kondisi sekarang lebih baik, kendati hujan acap datang namun, sengaja dia memperbaiki saluran air, kalau hujan lebat datang, debit air dapat tersalur dengan lancar dan tidak menggenang.

Saat ini, para petani di Kampung Tebing Tinggi sengaja menanam tanam muda untuk menunggu masa antara menjelang musim tanam berikutnya, kebiasaan ini telah berlangsung lama, dan bagi petani cara ini disamping untuk mengisi kekosongan menjelang taman serentak, juga untuk mengembalikan fungsi humus lahan sehingga unsur haranya tidak tergerus.

"Kalau satu jenis tanaman saja, maka padi tidak begitu subur, sehingga lebih baik jika diselingi seperti ini"ujar Djamal yang akrab dipanggil Atut.

Sementara itu, Dinas Pertanian Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan Kabupaten Pesisir Selatan mendorong pemanfaatan lahan secara maksimal, beberapa tahun belakangan dinas terus mengupayakan peningkatan produksi pertanian dengan pemberian bibit unggul dan intensifikasi serta mekanisasi pertanian. 
 
(http://pesisirselatan.go.id/*L-News Team)

0 komentar:

Poskan Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More