Rabu, 19 September 2012

Software gratis Image/Foto editing multi fungsi, PhotoScape

Ketika berurusan dengan mengolah gambar, foto atau image lainnya, sebagian kita mungkin sudah terbiasa menggunakan Photoshop. Tetapi untuk beberapa fungsi ringan seperti menggabungkan gambar, membuat GIF, mencetak (print), dan fungsi umum lainnya, ada software gratis yang patut dicoba, yaitu PhotoScape.

Berawal ketika memerlukan software grafis untuk menggabungkan banyak gambar (screenshot), saya mencoba mencari beberapa pengolah grafis gratis (free) yang cocok dengan kebutuhan saya. Akhirnya pilihan jatuh pada Photoscape. Berbeda dengan tampilan berbagai pegolah grafis seperti Photoshop, Paint.NET, GIMP dan sejenisnya, Photoscape menyajikan menu sesuai dengan fungsi yang disediakan.

Secara umum, ada sekitar 14 fungsi utama yang disediakan, yaitu:
  • Viewer, untuk melihat berbagai gambar/foto seperti halnya di windows explorer disertai berbagai fitur dasar menampilkan gambar (fullscreen, slideshow, operasi memutar dan sejenisnya)
  • Editor, memberikan berbagai fitur umum pengolah gambar, seperti resize, color adjustment, white balance, filtering, cropping, menambahkan text/shape, brush dan sebagainya
  • Batch Edit, mengedit banyak gambar sekaligus, seperti resize, crop, filter, menambahkan frame dan sebagainya.
  • Page, menggabungkan banyak gambar menjadi satu gambar dengan menyediakan banyak layout (tata letak) yang menarik.
  • Combine, menggabungkan banyak gambar baik secara mendatar atau vertikal dengan kustomisasi berbagai hal seperti kolom, baris, rasio, jarak antar gambar dan lainnya.
  • Animated GIF, untuk membuat gambar animasi dari 2 atau lebih gambar dalam format GIF disertai berbagai opsi animasi.
  • Print, untuk mencetak foto/gambar dengan berbagai opsi, termasuk mencetak banyak gambar dalam satu lembar kertas.
  • Split, untuk memotong-motonga gambar menjadi banyak bagian (baris dan kolom)
  • Screen Capture, untuk menyimpan tampilan window, baik Full Screen, window tertentu atau area tertentu.
  • Color Picker, mendapatkan warna (RGB, Red Green Blue) dari tampilan layar (posisi kursor)
  • Rename, untuk mengubah nama banyak file gambar sekaligus dengan kriteria nomor, tanggal dan sebagainya.
  • Raw Converter, mengubah gambar atau foto dari format RAW ke JPG
  • Peper Print, untuk membuat cetakan dengan pola seperti kertas bergaris, kalender, jadwal mingguan, bulanan, harian dan sebagainya
  • Face Search, untuk mencari gambar/foto wajah yang mirip di internet.
Melihat fungsinya, mungkin sebagian besar bisa dilakukan dengan Photoshop, GIMP atau Paint.NET, tetapi selain tidak mudah, biasanya akan memerlukan waktu lebih lama. Misalnya menggabungkan banyak gambar. Dengan Photoscape, langkah bisa dikerjakan secara cepat dan berbagai opsi tambahan juga bisa disesuaikan dengan mudah. Bahkan membuat banner (dalam GIF) bisa dilakukan dengan cepat, dibanding ketika harus menggunakan Pengolah grafis lainnya.

Fungsi “Page” dan “Combine” sebenarnya hampir sama, tetapi untuk Page, cocok untuk menggabungkan banyak gambar dengan ukuran dan posisi yang berbeda serta kemudahan memilih layout yang sudah disediakan. Sedangkan Combine cocok untuk menggabungkan banyak gambar dengan ukuran yang sama atau hampir sama (tinggal menentukan menjadi berapa kolom/baris). Didalam berbagai fungsi diatas, Photoscape juga menyediakan berbagai bingkai (frame), sehingga kita bisa membuat tampilan gambar menjadi lebih menarik.
Secara umum Photoscape merupakan software gratis yang sangat bermanfaat, terutama yang ingin mendapatkan hasil cepat dari fungsi atau fitur-fitur yang disediakan dengan berbagai opsi editing tanpa harus mempelajari banyak hal seperti ketika menggunakan Photoshop. Photoscape bisa dijalankan di Windows NT/2000/XP/Vista/7 (atau jika masih menggunakan windows 98 atau Me, tersedia juga untuk versi lama)
Download terbaru Photoscape (17.5 MB)

0 komentar:

Poskan Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More